Kecanduan Game Komputer - Enam Efek Negatif yang Harus Dihindari



Kursus Website Surabaya, Meskipun kecanduan game komputer tidak muncul dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, Edisi Keempat (DSM-IV) kebiasaan video game yang berlebihan dan tidak sehat adalah sesuatu yang telah mendapatkan perhatian yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Ada gerakan yang sedang berlangsung untuk membuat kecanduan game online / kecanduan game video tercantum dalam edisi DSM mendatang, tetapi untuk saat ini ini bukan diagnosis resmi. Namun, sulit untuk menyangkal bahwa beberapa orang (apakah mereka anak-anak, remaja, atau orang dewasa) terlalu banyak bermain video game dan itu dapat berdampak negatif pada fungsi dan kesuksesan mereka jauh dari sorotan monitor.

Tentu saja, tidak semua orang menjadi kecanduan game komputer. Game online dinikmati oleh jutaan orang di seluruh dunia sebagai cara untuk bersantai, berinteraksi dengan teman, dan untuk tujuan hiburan sederhana.

Namun, menjadi jelas bahwa ada orang-orang yang kehilangan kendali atas kebiasaan bermain mereka. Untuk orang-orang ini, video game (terutama game multiplayer online) menjadi perhatian utama dalam kehidupan mereka. Performa kerja dapat menurun karena sesi permainan larut malam yang diperpanjang. Nilai sekolah mungkin turun sebagai akibat dari memberi lebih banyak perhatian pada permainan komputer daripada belajar. Hubungan dapat memburuk karena satu pasangan merasa diabaikan dan kurang penting dibandingkan dengan obsesi permainan pasangannya yang terbaru.

Untuk individu yang kebiasaan bermain daringnya telah beralih dari hobi menjadi kecanduan, ada beberapa bidang kehidupan yang dapat terpengaruh secara negatif. Tentu saja, tidak semua orang yang bermain video game secara berlebihan akan mengalami dampak negatif yang sama. Namun demikian, daftar berikut menguraikan enam bidang utama yang sering dipengaruhi oleh kecanduan game komputer.


1. Psikologis dan Emosional

Orang yang kecanduan game komputer mungkin memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah harga diri, suasana hati yang tertekan, kecemasan sosial, dan ketidakstabilan suasana hati. Ketika konsekuensi negatif dari kecanduan tidak lagi dapat disangkal, mereka mungkin juga merasa bersalah dan malu karena tidak mampu mengendalikan kebiasaan mereka. Sebagai catatan, kecanduan game tidak hanya * disebabkan oleh masalah lain (misalnya, depresi), tetapi juga * menyebabkan * kesulitan lain (sekali lagi, depresi hanyalah salah satu contoh).

2. Kesehatan

Mereka yang menghabiskan berjam-jam bermain game komputer setiap hari (kadang-kadang berjumlah lebih dari 40 atau 50 jam per minggu) dapat mengabaikan kebersihan dan kesehatan pribadi. Mereka mungkin meninggalkan aktivitas fisik sehat yang pernah mereka nikmati, mengembangkan kebiasaan tidur yang tidak menentu, dan memilih makanan berdasarkan kenyamanan (idealnya yang bisa dimakan saat bermain) daripada nilai gizi.

3. Keluarga

Hubungan keluarga dapat dipengaruhi secara negatif oleh kecanduan game komputer. Anggota keluarga (misalnya, orang tua, pasangan, atau pasangan) dapat mentolerir kebiasaan bermain game yang berlebihan untuk sementara waktu, tetapi pada akhirnya mereka akan menuntut agar orang tersebut mengurangi seberapa banyak ia bermain. Seseorang yang kecanduan game komputer dapat menyangkal bahwa itu adalah masalah, menuduh anggota keluarga yang bersangkutan mengganggu kehidupannya, dan melihat orang itu bereaksi berlebihan. Orang tua dengan anak-anak yang kecanduan game komputer mungkin sering mengalami pertengkaran tentang cara mengatasi masalah tersebut.

4. Keuangan

Bermain game bisa menjadi hobi yang sangat mahal - bahkan untuk pemain yang tidak kecanduan. Ribuan dolar dapat dengan mudah dihabiskan untuk gim baru, paket ekspansi, transaksi mikro, langganan online, konsol baru, dan tentu saja peralatan komputer yang ditingkatkan. Pada kesempatan yang jarang terjadi, seseorang yang kecanduan game komputer mungkin kehilangan pekerjaannya karena kinerja yang buruk di tempat kerja (misalnya, muncul terlambat, tidak ada pekerjaan, bermain atau membaca tentang permainan di tempat kerja, dll.).


5. Akademik

Kecanduan game komputer dan keberhasilan akademis tidak kompatibel. Anak-anak dan remaja yang kecanduan video game akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan game online daripada belajar atau menyelesaikan pekerjaan rumah. Mereka dapat dengan cepat menyelesaikan pekerjaan rumah dengan sedikit usaha agar permainan dapat dimulai.

6. Sosial

Semakin banyak waktu yang dihabiskan seseorang untuk bermain game komputer, semakin sedikit waktu yang ada untuk orang-orang penting dalam hidupnya. Kontak manusia tatap muka semakin dikorbankan demi permainan. Sebagai akibatnya, orang tersebut mungkin mengalami isolasi sosial, kehilangan persahabatan, dan kesepian

Buat kalian yang ingin mengetahui Seo dan tentang digital marketing saatnya upgrade skill kamu di dunia kerja digital marketing dan anda juga bisa berpenghasilan jutaan rupiah setiap harinya daftarkan diri anda di indonesiantechnology dan di surabaya.indonesiantechnology.net



0 komentar: